Aturan IMEI Terbaru Berlaku 18 April 2020



Mulai 18 April 2020 Pemerintah Indonesia Akan Memblokir IMEI Palsu Dan Yang Tidak Resmi ! .


Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas khusus yang di keluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang di keluarkan oleh produsen handphone. Jadi setiap ponsel memiliki identitas sendiri yaitu IMEI.

Apa  fungsi IMEI di handphone kita ?
1. Sebagai identitas handphone
2. Untuk melacak ponsel yang hilang
3. Untuk mengecek garansi

Panjang IMEI di] ponsel Indonesia adalah 15 Digit, ternyata IMEI ini dapat memberikan informasi seperti negara asal, pabrikan, dan model. 

bagaimana cara memeriksa IMEI pada handphone ?
Dial kode *#06# dan tekan panggil maka secara otomatis akan muncul informasi IMEI.
Melalui Pengaturan ponsel-->Tentang Ponsell-->  Status.
Ada pada kotak ponsel,baterai dan perangkat ponsel .

Mengapa dan apa alasan pemerintah melakukan Aturan Baru pada IMEI ponsel



Kasus IMEI yang sempat heboh pada oktober 2019 yang lalu kembali memanas, Setelah di tandatangani pada 18 oktober 2019 yang lalu oleh 3 mentri, aturan IMEI yang baru akan berlaku 18 April 2020 , bagaimana nasib ponsel yang menggunakan IMEI palsu ? dan bagaimana cara agar kita dapat mengetahui jika ponsel kita menggunakan IMEI yang tidak resmi ?

Ponsel kamu tidak akan dapat terhubung dengan jaringan seluler jika ponsel kamu menggunakan IMEI tidak resmi atau tidak terdaftar di basis data kementrian perindustrian. 
Masyarakat di himbau oleh kementrian dan pemerintah untuk segera melakukan cek IMEI pada website mereka. kamu bisa cek IMEI kamu pada website imei.kemenperin.go.id.

Sebenar nya aturan IMEI resmi ini akan berlaku mulai dari 18 April 2020, dimana menurut perkataan Assosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) aturan ini memungkinkan pengguna IMEI palsu atau melakukan aktivasi pembelian ponsel sebelum peraturan baru di tetapkan kemungkinan dapat tetap terus menggunakan ponsel mereka, jadi tidak usah takut , yang sudah pakai ponsel BM (BlackMarket) masih bisa di pakai, kalau mau ganti handhphone baru beli nya yang ilegal.

Lalu apakah aturan ini berlaku bagi turis yang berkunjung di Indonesia ?
Kementrian KOMINFO menjelaskan bahwa aturan ini tidak berlaku bagi turis. mereka bisa terhubung ke internet di Indonesia selagi mereka menggunakan paket roaming.

Bagaimana cara kita untuk memastikan bahwa handphone kita bukan produk Black Market dan bagaimana cara membeli handphone yang resmi di Indonesia ?



Jika kamu pesaran dan ingin segera memastikan handphone kamu adalah resmi dan terdaftar di database kamu bisa segera melakukan pengecekan IMEI ponsel kamu di situs resmi pemerintah imei.kemenperin.go.id. Dan untuk cara membeli handphone agar tidak mendapatkan handphone BM dengan IMEI palsu, kamu bisa cek di kotak ponsel nanti di kotak itu biasanya ada tertulis IMEI ponsel dan lakukan pengecekan pada situs pemerintah.

Dalam menerapkan peraturan ini pemerintah menggunakan skema whitelist, yang berarti sekma pemblokiran whitelist ini hanya memblokir ponsel yang menggunakan IMEI palsu/tidak resmi, dan hanya ponsel yang terdaftar saja yang dapat terhubung ke jaringan operator seluler.

Tujuan di berlakukan aturan ini adalah untuk meningkatkan pajak yang masuk ke negara, dan diharapkan dapat menjaga industri telekomunikasi, karena adanya ponsel BM atau yang tidak resmi tentu saja dapat membuat persaingan yang tidak sehat yang dapat mengakibatkan pengurangan tenaga kerja.

-------- ----------- --------- ---------- --------

Tetap gunakan produk resmi ya, karena selain aman produk resmi juga sangat cepat dalam menanggapi permasalah pada ponsel kamu nanti nya dengan garansi resmi.
Terimakasih sudah membaca dan share post ini untuk dapat memberikan info kepada orang lain juga.

0 Response to "Aturan IMEI Terbaru Berlaku 18 April 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel